Dongkrak IPM, Bupati Roadshow GKB di 17 Kecamatan



Suasana Rapat Koordinasi GKB di Aula Kecamatan Losari Brebes - Foto BU

Brebes (penaulum.com) - Hasil Analisa Konsultan Biro Pusat Statistik  Jawa Tengah tahun 2016 ipm brebes masuk rangking 34 dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 64.346 sedangkan pemalang 62.925. 

Demikian disampaikan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes Dr. Angkatno, M.Pd pada rapat koordinasi Gerakan Kembali Bersekolah  (GKB) di Aula Kecamatan Losari, selasa (3/10/2017). 

Hadir Bupati Brebes, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabag Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, Kabid Pemsosbud Baperlitbangda, Camat, Kepala Desa, UPT Dindikpora, Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, Perwakilan Ormas. 

Angkatno menambahkan bahwa rata-rata anak sekolah di Kabupaten Brebes sampai dengan 2017 baru 6.128  artinya Penduduk di Kabupaten Brebes masih tamatan SD/MI. 

" Sebuah pekerjaan rumah yang harus dipecahkan bersama, jika kita semua bisa memastikan semua anak kembali bersekolah, maka secara  otomatis bisa mendongkrak atau berkontribusi percepatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ungkapnya. 

GKB Jurus Jitu Menaikkan IPM 

Sementara Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE menjelaskan, kehadiran di setiap kecamatan dalam rapat koordinasi GKB untuk melihat target atas kinerja muspika (camat, Danramil, Kapolsek dan Kepala UPT, KUA), sekaligus melihat bagaimana peran serta masyarakat dan satuan pendidikan di wilayah tersebut dalam mengembalikan anak ke sekolah. 

" Pastikan semua anak pada usia sekolah kembali bersekolah, Kepala Desa bertanggungjawab terhadap percepatan gerakan pengembalian sekolah di tingkat desa, laporkan jika di wilayah anda ada anak putus sekolah, tidak lanjut baik di tingkat wajar dikdas 12 tahun," jelasnya.

Idza juga berharap agar para kades untuk membantu kinerja gerakan kembali bersekolah, setiap desa diminta berkontribusi untuk mengembalikan anak jalur formal dan non formal, jika ada kendala teknis bisa menghubungi camat, kepala UPT Dindikpora dan FMPP Kecamatan untuk segera dicarikan solusi. 

" Setiap ada pergerakan perkembangan atas laporan bisa dilaporkan bisa ke Whatapp Gerakan Kembali Bersekolah,  dan secara tertulis ke sekretariat GKB di Baperlitbangda Kabupaten Brebes guna memudahkan koordinasi baik pada proses perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan," imbuhnya. 

Selanjutnya, Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Brebes Bahrul Ulum menuturkan, hingga beberapa kecamatan yang sudah masuk dalam pengembalian anak ke jalur formal dan sudah masuk ke sekolah adalah Kecamatan Jatibarang ada 31 anak, Kecamatan Banjarharjo 11 anak, Kecamatan Ketanggungan 2 anak, Kecamatan Tanjung 2 anak, Kecamatan Losari 2 anak, Kecamatan Songgom sebanyak 43 anak, Kecamatan Paguyangan 1 anak, Kecamatan Kersana 1 anak,  sedangkan Kecamatan yang lain sementara data masuk ke sekretariat GKB. Tercatat rekap total ada 90 anak hingga 3 Oktober 2017. 

Adapun Kecamatan yang sudah melaksanakan Rakor GKB yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari, Kersana, Kecamatan lain akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah dikirimkan dari 2-7 Oktober. (BU) 

Posting Komentar