Atasi ATS, Desa Cenang Rintis PKBM

Cenang (penaulum.com) - Pengembalian anak ke sekolah bisa melalui pendidikan non formal seperti belajar di Kejar Paket A, B, C. Paket A setara dengan sekolah SD/MI, Paket B setara dengan SMP/MTs dan Paket C setara dengan SMA/MA/SMK, ungkap Kabid PNFI Dra. Roisah, M.Pd pada acara pembukaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Maju Bersama yang dirintis oleh masyarakat Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan juga pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Hadir sebanyak 26 siswa, Kabid Pembinaan Paud & PNF Dindikpora ,Kabid Pemsosbud Baperlitbangda, pengurus FMPP Desa dan Aparatur Pemerintahan Kecamatan. Kepala Desa Cenang Imam Rifai mengatakan, hadirnya rintisan PKBM ini untuk menjawab atas banyaknya Anak Tidak Sekolah di desa ini. 
Roisah sedang memberikan paparan tentang pentingnya PKBM di Aula Balaidesa Cenang Songgom - Foto Rifai

" Ada 474 ATS yang harus diselesaikan di desanya untuk dikembalikan ke sekolah, jika hanya lewat jalur formal, maka masih ada kendala, oleh karena itu solusi kejar paket menjadi jurus jitu bagi kepastian anak bisa kembali bersekolah, awal pencanangan ini adalah 26 anak, ke depan nanti akan menerima ATS di sekitar desa cenang," ungkapnya dihadapan peserta didik, senin (09/10/2017) kemarin. 

Sementara itu, Kabid Pemsosbud Baperlitbangda Khaerul Abidin, MM menjelaskan, baru ada desa di Kabupaten Brebes yang mendapatkan intervensi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) kemudian mendirikan PKBM. 

" Salah satu contoh kongkrit agar semua anak bisa sekolah dan bisa dekat aksesnya dengan anak yang ingin bersekolah, mudah-mudahan model ini bisa direspon juga oleh desa-desa lain yang ATS nya memang banyak dan perlu mendapat solusi cepat," jelasnya. 

Khaerul berharap, semakin banyak komponen masyarakat yang terlibat dalam gerakan kembali bersekolah, maka secara langsung bisa mendongkrak percepatan wajar 12 tahun dan akhirnya dengan sendiriny indek pembangunan manusia bisa maksimal. (BU)

Posting Komentar