Pameran Produk Unggulan Ajang Potensi Pasar



Stand Brebes di Ajang Pameran Produk Unggulan di Alun-Alun Boyolali

Boyolali (penaulum.com) - Hilir mudik masyarakat Boyolali dan sekitarnya untuk melihat dan juga membeli produk unggulan daerah dari berbagai kab/kota di Indonesia dalam acara Pameran Promosi Produk Unggulan Daerah yang diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia di Alun-alun Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, Minggu (6/8/2017). 

Ada 17 peserta stand yang ikut pameran, mereka menampilkan produk unggulannya baik itu makanan minuman dan juga kerajinan batik, termasuk fashion. Contoh Kabupaten Magrlang tampil produk salak, aneka olahan berbahan baku tepung, Kabupaten Banjarnegara menampilkan minuman khas banjarnegara yaitu dawet, dsn juga olaham keripik pisang dan salak, begitu pula dengan Kabupateb Brebes menampilkan produk khasnya yakni telor asin rebus dan asap, bawang goreng, bawang lokal, dan emping jagung termasuk juga batik salem. 

Tidak ketinggalan lagi dari Sumatera Utara menampilkan bika ambon, olahan durian, dan aneka makanan berbahan baku tepung. " Ini sarana promosi yang cukup bagus dan bisa bertemu dengan buyer yang potensial," ujar mayangsari dari delegasi Sumatera Utara. 

Sementara itu, Suwanto salah satu pengusaha batik sragen yang ikut menampilkan batik sragen mengatakan, agak cukup sepi yang datang ke stand batiknya. " Promosi panitia penyelenggara kelihatannya kurang maksimal, biasanya jika ikut pameran yang sebelumnya, pembeli batik tiap hari bisa kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, namun untuk pameran ini, namun kali ini agak sepi kisaran Rp 500ribu hingga Rp.1 juta per hari. 

Berbeda stand Brebes yang menampilkan telor asin, bawang mentj dan bawang goreng, selama 4 hari ikut pameran animo masyarakat untuk membeli produk unggulan daerah Brebes sangat banyak. " Telor asin habis 5 ribu butir, 150 toples bawang goreng dan 2 kwintal bawang merah, " terang lukmanul hakim selaku Direktur niagabrebes.com di sela-sela pameran. 

Masih menurut lukman, pengalaman ini menjadi pelajaran yang bermakna, pasalnya ada beberapa calon buyer yang menanyakan untuk menjadi reseller produk khas Brebes. Semoga peluang bisnis setelah pameran bisa terealisasi. (BU)

Posting Komentar