Berkhidmat Mengawal Tamu Allah Untuk Berhaji

Pengantar Jamaah Haji Brebes dari Desa Pamulihan di Islamic Centre


Ribuan orang datang dari penjuru mata angin untuk mengiring tamu-tamu Allah, mereka bahkan menyempatkan waktu, tenaga dan kadang materi untuk hadir dan mendoakan para calon haji, termasuk ikut berkhidmat dengan cara mengiringi perjalanan calon haji dari rumah kediaman menuju islamic centre atau bisa juga ke tempat pelepasan jamaah haji. Sebut saja di Islamic Centre yang sudah puluhan tahun dijadikan tempat untuk melepaskan jamaah haji dari Brebes ke Solo (Asrama Haji Donohudan). 

Warga yang mendampingi dan ikut berkhidmat ini sangat berharap di doakan melalui doa para tamu-tamu Allah saat nantinya sudah berada di tanah suci Makatul Mukaromah, dimana banyak tempat mustajabah untuk berdoa. Pengajian pun sengaja diliburkan, termasuk pemilik kendaraan roda empat dan roda dua, mereka sudah siap untuk di sewa bahkan tanpa disewa pun mereka akan menyiapkannya. 

Adat pengiring jamaah haji pada umumnya akan datang 1 jam sebelum pemberangkatan, mereka berkumpul dirumah calon haji dan menunggu doa pelepasan haji dari kyai atau ustad yang sudah ditunjuk atau ditugaskan. Setelah adzan dan iqomat kemudian jamaah langsung berkumpul di masjid jami dimana warga yang lain juga berkumpul. Jika jamaah haji satu desa hanya sepasang, maka pelepasan hanya di rumahnya, namun jika lebih dari dua pasang maka dipusatkan pelepasan haji di tingkat desa berada di masjid Jami desa tersebut. 

Puluhan mobil L300 dan mobil pribadi untuk mengiringi calon haji tersebut, mereka bertalbiyah dan kadang ada pengiring yang di khususkan dari  jamiyah rebana dengan membawa rebana dan sound syatem. Labaik Allahumma Labaik, Labaik kala sarikalaka Labaik, Innal Hamda Wa nikmata, Lakawal mulk La Sarikalak. Begitulah mereka bertalbiyah  sejak dirumah calon haji hingga sampai halaman parkir islamic centre. 

Saat berada dilokasi yang dituju, satu persatu mereka bersalaman dengan calon haji, sambil meneteskan air mata dan penuh harapan untuk nantinya mereka minta didoakan dan mereka yang mengiringi pun mendoakan kepada calon haji agar dimudahkan dalam menjalankan rukun islam yang ke lima. 

Selamat jalan para tamu-tamu Allah yang sekarang sedang menempuh perjalanan ibadah haji, semoga rukun, wajib dan sunnahnya dilaksanakan dengan baik dan setelah selesai menjadi haji yang mabrur. Keluarga di tanah air tetap mendoakan setiap hari agar di mudahkan dalam menjalankan ibadah haji. Inspirasi saat berkhidmat kepada tamu-tamu Allah. Sabtu (12/08/2017)

Posting Komentar