Ingin Maju ? Bersatulah dan Bekerja Keras


Kunci Bersatu hanya ada di Silaturahmi

Merasa prihatin dengan kondisi umat Indonesia selama ini dimana perbedaan justru dijadikan pemicur perseturuan diantara umat dan antar umat. Pro dan kontra status di media sosial juga bisa menjadi pemicu konflik, belum lagi perbedaan aliran yang begitu banyak, termasuk juga perseteruan antara yang kuat dan lemah bisa menyebabkan masalah yang berlarut-larut tidak terselesaikan, belum lagi mereka yang merasa salah tidak mau bertabayun atau datang kepada yang pernah di dholimi atau sebaliknya orang yang telah di dholimi merasa acuh tak acuh bahkan cenderung dendam terhadap mereka yang telah berbuat negatif pada dirinya. 

Perselisihan atau perseteruan itu sudah bawaan manusia. Namun, melekatkan agama dan etnis secara berlebihan, akan menimbulkan konflik, apalagi jika sudah dibumbui kepentingan politik praktis. 

Sebuah selisih itu bawaan manusia. Oleh karena itu kalau ingin maju, buat bersatu tapi tetap boleh beda. Beda tapi satu. Hal itu sesuai dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia jika hanya Islam, tidak akan mampu mempersatukan perbedaan di Indonesia. Menurutnya, nasional harus disinergikan dengan keislaman sehingga beda tapi sama, sama tapi beda. 

Mengutip pernyataan kyai Khos KH. Maimun Zubair yang di publikasikan di NU online mengatakan, Agama mengajarkan, dalam perbedaan ada titik-titik kebersamaan. Semua agama mengajarkan kebaikan, sebab agama ada empat titik persamaan. “Pertama menjaga jiwa. Jiwa itu ruh yang menjadi kehidupan. Semua agama melarang mendzolimi orang lain, apalagi membunuh,” ujar Mbah Maimoen. Kedua, lanjutnya, adalah akal. Semua agama menjunjung akal. Sebab manusia dimuliakan oleh Allah SWT karena mempunyai akal. Tidak ada agama tanpa pendidikan. Ketiga, keturunan. Pernikahan itu bukan Islam saja. “Semua penganut agama menikah dengan ajaran agamanya masing-masing sehingga anaknya menjadi keturunan yang sah,” jelasnya. Keempat, tandasnya, manusia harus menjaga bahwa dirinya merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling mulia. 

Berangkat dari poin ini, Mbah Maimoen memberikan pesan bahwa manusia jangan menghinakan diri dan agamanya dengan perilaku buruk dan tidak menghargai perbedaan. Karena hal itu hanya akan meruntuhkan persatuan. 

Makna Kerja Keras

Beberapa orang akan menyebutnya satu-satunya rahasia sukses yang anda perlu tahu adalah kerja keras dan paham dibidangnya. Tidak semua orang itu menguasai semua dimensi pekerjaan, azas penguasaaan materi dan pengetahuan juga menjadi dasar pondasi yang kuat untuk melangkah kehidupan ini. Tapi kebenarannya adalah hanya ada satu hal yang tidak bisa pergi tanpa anda ingin sukses dalam setiap bidang kehidupan, dan itu kerja keras. Kesuksesan itu tidak muncul secara tiba-tiba, kadang ditengah jalan melangkah penuh dengan rintangan. Sukses tidak terjadi secara kebetulan. Dibutuhkan langkah strategis dalam arah yang benar.
Kerja Keras Belajar Akhirnya Berhasil

Anda harus benar-benar memahami persis mengapa perlu kerja keras dalam berusaha dan bertindak. Berikut adalah alasan utama: 

1. Ini adalah harga yang anda bayar untuk apa yang akan anda dapatkan. Jika sukses adalah gratis, semua orang akan memilikinya. Tapi ada beberapa individu yang sukses dan masing-masing dari mereka telah dimasukkan ke dalam pekerjaan produktif yang cukup sebelum mereka menerima imbalan apa pun. Itu penting, dan itu cukup adil. Ketika bekerja keras pada apa yang anda percaya, anda memahami nilai sebenarnya. Anda mulai menghormati pekerjaan itu sendiri, untuk membangun beberapa kualitas yang baik di sepanjang jalan, dan belajar pelajaran hidup yang penting selama itu. 

2. Kerja keras membantu anda membangun disiplin. Pada awal perjalanan anda, Anda tidak siap untuk menangani keberhasilan dan semua tanggung jawab yang datang bersama-sama dengan itu. Tapi produktif dengan keringat dan pengorbanan mempersiapkan anda untuk itu. 

Berikut adalah beberapa contoh. Tidak ada atlet yang benar-benar layak medali sebelum berinvestasi tahun hidupnya dalam pelatihan, sebelum mendapatkan tubuhnya siap menanggungnya, sebelum membangun kualitas yang diperlukan untuk menjadi juara dan mengembangkan pola pikir pemenang, yang sama berlaku untuk hidup anda juga, tidak peduli apakah itu sedang bekerja terkait, di perguruan tinggi terkait atau kehidupan kencan anda. 

Pengusaha sukses tidak akan mampu mengelola orang secara efektif, membangun produk cinta orang, menjalankan sebuah perusahaan besar, mengatur waktu dengan baik dan bekerja dengan sejumlah uang besar, jika mereka tidak mulai dari nol dan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan setiap langkah berikutnya. Jutawan juga tidak baik dalam menangani uang mereka, investasi bijaksana atau jaringan. Mereka butuh waktu bertahun-tahun, trial and error, dan kesabaran untuk membuat keberuntungan. Jadi kerja keras, bersama-sama dengan waktu yang dibutuhkan, adalah suatu keharusan dalam perjalanan anda menuju sukses. Ini membuat anda harus berubah menjadi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik yang menunggu anda. 

Terlebih lagi, semakin keras anda bekerja pada impian anda, semakin percaya diri anda menjadi. Mereka yang tidak memiliki harga diri juga kurang tekad dan akhirnya kehilangan harapan dan menyerah. Tapi dengan berinvestasi energi yang cukup dalam sehari ini, anda mulai percaya pada diri sendiri, Anda yakin bahwa anda akan berhasil, dan anda tidak perlu dukungan dari orang lain dan tidak ada yang dapat menempatkan anda ke bawah lagi.

3. Ini mengajarkan anda nilai. Anda belajar untuk bertahan, untuk menemukan cara untuk menghargai semua yang anda miliki tapi masih tujuan yang lebih tinggi, untuk bersabar, untuk mengambil tindakan bukannya menunggu untuk hal-hal, berhenti menyalahkan dan mengambil tanggung jawab untuk apa pun yang anda miliki atau tidak memiliki dihidup anda sebagai gantinya. Kerja keras memberikan tujuan, hal ini membantu anda mengatasi kemalasan, penundaan, keraguan anda, takut gagal, ketidakamanan, dan kebiasaan buruk anda. 

4. Anda membuat keberuntungan anda sendiri dengan itu. Rata-rata orang menghabiskan banyak waktu menunggu untuk hal-hal terjadi. Mereka membuat alasan yang tak terhitung jumlahnya untuk menunda mengambil tindakan, dan terganggu sepanjang waktu. Orang-orang dengan tujuan, di sisi lain, terus melakukan sesuatu dan mencoba hal-hal baru untuk bergerak maju. Dengan cara ini, mereka menciptakan peluang. Sebuah hukum universal adalah bahwa semakin anda berfokus pada sesuatu dan mengambil tindakan terhubung, semakin pintu anda terbuka dan lebih hidup memberi anda kesempatan untuk lebih dekat dengan visi anda. Meraih peluang dan membuat sebagian besar dari mereka adalah bagian dari bekerja keras. Dan itu wajah asli keberuntungan.

5. Ini memberi anda hasil. Ukuran terbaik untuk apa pun adalah kemajuan. Dan tidak ada yang lain yang membawa hasil yang lebih secara konsisten dari kerja keras. Terlebih lagi, tindakan itu sendiri mengarah ke tindakan yang lebih dan pada setiap saat hari, Anda sedang membangun momentum dan memastikan perjalanan anda terus. Bekerja pada tujuan anda sendiri adalah motivasi yang anda butuhkan untuk terus bergerak maju dan mengatakan tidak untuk gangguan dari kehidupan sehari-hari. 

Melihat hasil membuat anda merasa dicapai, bersyukur dan benar-benar puas dengan apa yang anda lakukan. Yang membuat seluruh proses menyenangkan dan anda menemukan kekuatan untuk bertahan. Sekarang anda tahu semua ini, tidak boleh ada pikiran negatif tunggal dalam pikiran anda terhadap kerja keras. Tidak pernah meragukan kekuatan dan bahwa itu suatu keharusan. Sebaliknya, membuat strategi anda, membuat rencana langkah-demi-langkah dan mengambil langkah pertama menuju kesuksesan paling lambat hari ini. Anda tidak akan menyesal! 

Semoga inspirasi pagi di masjid Unair Surabaya Kampus C menjadikan penulis dan pembaca untuk selalu berusaha kerja keras dalam menggapai cita-cita, saling asah asih asuh menjadi modal kuat bagi kita untuk bermasyarakat. Surabaya, Kamis (20/7/2017).

Posting Komentar