Aplikasi Android Bikin Mudah Bertransaksi



Kemudahan Akses Informasi dan Peluang Bisnis Bagi Pengelola Transportasi di Indonesia


Surabaya (penaulum.com) - Sekarang kemajuan sistem transportasi di beberapa kota di Indonesia mulai tampak terlihat, apalagi dengan munculnya Go Jek, Grab. 

Melalui sistem install software layanan publik ini, para musyafir betul-betul di manjakan, contohnya saat penulis berada di kota surabaya, saat menghadiri Ujian Akhir Doktoral Sahabat Armunanto di Kampus Unair Fakultas Kesehatan Masyarakat, berangkat dengan taksi blue bird dan pulang dengan request grab. 

 " Tinggal klik sistem aplikasi grab, muncul gambar mobil yang ada di dekat lokasi, muncul nama driver dan no.mobil yang akan jemput, termasuk berapa biaya dari kampus ke stasiun pasar turi surabaya," ujar Bahrul Ulum pengguna grab ini. 

Ulum mengatakan, terasa lebih dimanjakan, jika kita bandingkan dengan tiket taksi saat berangkat saja ada selisih yang cukup lumayan banyak, berangkat pagi hari dengan taksi merk terkenal, harus membayar Rp 47 ribu, sedangkan ketika pulang naik grab dipatok biaya Rp 25 ribu. 

Penulis mengamati bahwa sistem android membuat para driver kendaraan harus secara maksimal untuk belajar dengan tekun untuk memahami handphone basis android ini, mereka yang awalnya dari handphone jadul, beralih ke handphone yang super canggih dan harus terakses internet. 

Sementara itu, trend penelitian pun sekarang berbasis android, salah satu contoh yang ada adalah program pemantauan dan juga verifikasi data orang miskin di Kementrian Sosial, sekarang ini mereka melakukan rekonfirmasi atas data yang ada, relawannya harus pandai dan mampu untuk mengoperasionalkan sistem android ini, makanya dicari yang memiliki handphone android dan mampu mengoperasionalkan teknologi tersebut, disamping itu mereka juga dilatih bagaimana cara menggunakan software yang bisa diinstall di handphonenya. 

Contoh lain yang sekarang lagi trend adalah aplikasi di media online, beberapa situs terkenal seperti nu online, detik.com, lazada, kompas.com, cbmnews.net juga sudah memiliki aplikasi berbasis android, pengelolanya sengaja memanjakan para pengguna yang sudah memiliki handphone seluler untuk menginstall software tersebut. Termasuk juga aplikasi program layanan jual jasa tiket, tidak ada yang model manual, semua sudah terhubung dengan teknologi android dan juga komputerisasi. Bahkan mulai oktober 2017 pun sistem bayar Tol yang semula tunai akan berlaku dengan model E-Tol. 

Semoga dengan hadirnya teknologi ini bisa mempercepat pekerjaan dan memutuskan mata rantai birokrasi yang ada, aplikasi ini untuk mempermudah akses informasi dan juga mempercepat layanan yang berkualitas, bagi pengelola situs website atau pelayanan publik yang manual, sudah saatnya untuk inovasi seiring dengan cepatnya perubahan zaman ini. 

Inspirasi sore saat menunggu masuk ruang kelas eksekutif di stasiun pasar turi surabaya. Kamis (20/7/2017).

Posting Komentar