Sagasitas Yogya : Menalar Cerdas Mengkaji Tuntas

Inspirasi pagi ini adalah penulis merasa kagum dengan kiprah sagasitas.org, sebuah situs website yang didalamnya adalah sebuah komunitas yang berkonsentrasi dalam pengembangan dan pembimbingan penelitian siswa SMA dan MA di DIY. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah: (1) sosialisasi kegiatan penelitian; (2) pembimbingan; dan (3) penerbitan jurnal yang memuat hasil penelitian – penelitian siswa. 
Karya Anak Bangsa Sagasitas.org 

Anggota Sagasitas terdiri dari para mantan juara kompetisi serupa yang saat ini sedang melanjutkan di berbagai bidang studi di berbagai universitas di Indonesia serta orang – orang dan atau para pakar keilmuan yang memiliki kesamaan tujuan yaitu memasyarakatkan kegiatan penelitian sedini mungkin kepada siswa.

Mereka melakukan kegiatan meliputi klinik sains, sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa SMA dan MA untuk melakukan penelitian dalam berbagai bidang keilmuan berdasarkan latar belakang lingkungan terdekat siswa. GPIR (Gladi Penelitian Ilmiah Remaja) adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kedalaman pemahaman tentang kegiatan penelitian bagi siswa SMA dan MA di DIY, SRE (agasitas Research Exhibition adalah pameran hasil penelitian siswa SMA dan MA di DIY yang sudah dibina dalam KLINIK SAINS dan atau GPIR bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa menerima masukan kritik dan saran dari masyarakat), dan Jurnal Sagasitas adalah sebuah kumpulan hasil penelitian siswa yang sudah menjadi peserta kompetisi tingkat internasional atau menjadi pemenang kompetisi sejenis tingkat nasional dan internasional.

Mereka juga punya banyak mentor yang berasal dari putra putri yang dulu pernah belajar di SMA mengikuti lomba penelitian (reseach) baik tingkat nasional maupun international. Tampak terlihat di tampilan websitenya ada beberapa nama yang tercatat Adhitya Kusuma Zaeni, Afifah Nuur Mila Husniana, Alifah Yuli Nugraeni, S.Psi, Amelia Nugrahaningrum, dkk yang lainnya. 

Secara sekilas saja, melihat komunitas sagasitas ini, termasuk dalam kategori orang-orang yang bermanfaat ilmunya dan mau berbagi pengetahuannya untuk nasib terbaik bagi generasi yang akan datang. Sungguh mulia sebuah perjuangan yang nyata dan bisa mengaktualisasikan keilmuannya untuk kader bangsa. Hemat penulis apa yang sudah dilakukan sagasitas ini semestinya bisa muncul dan tumbuh di tiap Kabupaten/Kota, bila ini terjadi maka berdampak generasi yang ahli berpikir kreatif, inovatif dan memiliki ilmu yang terukur dan dinamis. 

Coba anda bayangkan akan seperti apa jika nasib generasi muda yang akan datang mereka senang dengan pergaulan bebas, kebiasaan minum-minuman keras, konsumsi narkoba, dan hamil diluar nikah, maka yang muncul dikemudian hari adalah malas untuk beribadah, berkurangnya keyakinan iman, melakukan tindakan kriminal, hidup berfoya-foya, muncul sifat munafik,rentan terserang penyakit, menderita penyakit kaya HIV/AIDS dan sejenisnya, meraknya tindakan aborsi, malas belajar, menurunnnya prestasi akademik, malas sekolah, pelanggaran norma-norma masyarakat, dan resiko negatif lainnya. 

Saat remaja mereka Terlepas dari emosinya yang masih labil, remaja juga rentan untuk lepas kontrol dan tidak bisa mengendalikan diri seperti yang seharusnya. Oleh karena itu perlu ada saluran positif atas aktualisasi remaja putra dan putri ini untuk mendapatkan kegiatan yang bermanfaat, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. 

Perlu ada sebuah terobosan yang kongkrit bagi daerah untuk menciptakan saluran kegiatan yang bernuansa positif bagi generasi muda baik itu yang komunitas remaja putra putri yang memiliki IQ tinggi maupun mereka yang sederhana dalam berpikirnya, mereka harus mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang mumpuni, sehingga nasib ke depan di daerahnya bukan menjadi beban bagi keluarganya, maupun lingkungan sekitarnya. 

Penulis hanya berdoa dan berharap, semoga ke depan akan muncul generasi yang berakhlaqul karimah, memiliki pengetahuan yang luas dan bertanggungjawab, mampu membangun daerahnya dengan baik melalui karya nyatanya. Minggu (11/06/2017) 

Posting Komentar