Pilih Zona Aman Nyaman Atau Beresiko Tapi Mapan

Ada seekor burung kicau dengan warna yang begitu indah dan suara merdu sebut saja burung murai, mereka hidup diistana dan berada  dikandang emas, untuk mendapatkan kebutuhan burung ini tidak  usah terbang jauh dan tinggi cukup dengan dua atau tiga langkah. 

Majikan selalu merawatnya dengan sabar dan penuh tanggungjawab, sehingga nasib burungpun berada di posisi zona yg aman dan nyaman, tapi ternyata walau zona aman dan nyaman  burung tersebut kehilangan sifat alaminya yakni tak bisa terbang bebas.

Saat kumpul dg temannya burung tersebut memiliki perasaan minder dan ia ingin skali bisa terbang seperti temannya, lalu pada suatu saat saat majikan lupa menutup pintu kandang burung, ternyata burung tersebut  meninggalkan zona yg aman dan nyaman,  kumpul dg teman temannya blajar terbang dan mencari pakan secara bebas kemana yang dia sukai, ia memilih meninggalkan zona yang aman dan akhirnya mampu terbang tinggi, dan bisa bersuara lantang. 

Sebuah pilihan Zona Aman atau Beresiko
Jika diperumpamakan dalam tabiat manusia, maka setiap orang memiliki kesempatan yg sama untuk meraih kesuksesan, dan dalam proses pencapainnya harus ada resiko yg diambil dan harga yg dibayar, jika kita ingin meraih kesuksesan sebaiknya kita berfokus pada hal-hal apa saja yg harus dibayar untuk mencapainya. 

Sebuah contoh temanku di kota ukir jepara sebut saja nina, setelah lulus kuliah, dia bekerja menjadi cheker gudang furniture, dia bertanggungjawab terhadap keluar masuk barang, termasuk ketersediaan stok barang, karena dia mau belajar tekun akhirnya pimpinan perusahaan mengangkat dia menjadi manager produksi, sebuah status yang cukup menjanjikan, dan ada tantangan yang harus dipikirkan masak-masak bagi seorang nina ini. Dia memilih bersedia untuk posisi tersebut, berkat tanggungjawabnya nina ke perusahaan, akhirnya bos nya pun memilih dia sebagai direktur pada perusahaan eksportirnya. 

Dia mendapatkan gaji yang fantastis, saat itu kisaran 30 juta per bulan. Hari demi hari dia lakukan hingga dua tahun dia membawahi jabatan tersebut, namun karena ada motovasi dari teman dekatnya, dia mengatakan, Ibu nina apa yang anda rasakan dengan pencapaian kerja selama ini, masih tetap bekerja di perusahaan ini dengan memilih zona aman dan nyaman, tapi anda bukan pemilik perusahaan ini, hanya sebagai pekerja yang dibayar, atau anda milih keluar dari jalur ini, tapi anda punya segudang ilmu dan ketrampilan yang tidak dipunyai orang lain, buat usaha furniture sendiri, gaji yang anda kumpulkan dan jaringan yang anda miliki sudah cukup untuk membuat sebuah perusahaan, fokus dan ini waktu yang tepat untuk memutuskannya, akhirnya nina merasa tertantang, dan memilih zona aman dan nyaman ke zona tantangan dengan memiliki perusahaan sendiri dan di managemen dibawah ketrampilan yang dimilikinya. 

Lima tahun dia lalui merintis usahanya, ternyata di tahun ke enam, putusan yang dipilih sangatlah tepat, mungkinkan ini rejeki nya dia, atau ini sebuah keputusan yang tepat dia ambil, jika dulu masih jadi pekerja dengan gaji yang selalu bertambah mungkin hanya mentok di gaji 60 juta, namun tidak dia bayangkan, ternyata dengan memilih terjun dan ambil resiko yang dipilih, hidupnya serba kecukupan, memiliki ratusan karyawan, dan bisa mendapatkan 5x lipat dari gaji yang seandainya dia masih bertahan. Sebuah lompatan pengambilan putusan yang beresiko tapi jenjang karir yang ia dapatkan dengan memilihnya. 

Kesimpulannya adalah sebuah resiko dan harga yang harus dibayar mungkin siap berani dan rela keluar dari zona yang aman dan nyaman, maka orang tersebut memiliki jiwa kewirausahaan dan siap untuk menggapai kesuksesan yang lebih tinggi, zona aman dan nyaman itu belum tentu harus setiap hari melakukan rutinitas yang ada, tetapi dengan mau mencari sebuah pekerjaan yang memiliki tantangan dan resiko besar biasanya mendapatkan penghasilan yang sepadan untuk karir yang lebih tinggi dan menghasilkan. 

Inspirasi siang ini, semoga membangkitkan semangat penulis untuk kerja keras dan kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas untuk mewujudkan langkah yang tepat dan cepat menuju kesuksesan. Selasa (20/6/2017).

Posting Komentar