Pengkajian Desa Berdasarkan Data dan Peta

Sebuah data dan peta desa akan bermakna bila bisa menyajikan dengan data yang akurat dan dibubuhi dengan tanda dan keterangan yang sesuai dengan kondisi data desa tersebut. Data dan informasi desa merupakan aspek yang penting dalam pembangunan nasional karena penduduk merupakan subyek dan obyek pembangunan. sehingga diperlukan kemasan yang bersifat informatif. 

Peta adalah gambaran seluruh atau sebagaian permukaan bumi dalam bidang datar dengan menggunakan skala dan sistem proyeksi tertentu. Peta memberikan informasi mengenai unsur-unsur alam dan buatan dipermukaan bumi, oleh karena itu peta sangat berguna bagi kehidupan manusia karena semua aktivitas manusia berhubungan dengan permukaan bumi. 
Peta Sosial Desa Kaligiri Sirampog - Foto BU

Fungsi peta antara lain menunjukkan posisi atau lokasi relatif suatu tempat dari suatu tempat lainnya, menunjukkan ukuran dalam pengertian jarak dan arah, menunjukkan bentuk dari unsur permukaan bumi yang disajikan, menghimpun unsur permukaan bumi tertentu dalam bentuk penegasan. Peta bisa berjenis timbul, datar, dan digital. 

Data dan informasi yang disajikan harus memuat judul peta, penunjuk arah, garis kerangka dan garis tepi peta, sumber data dan tahun pembuatan peta, inset, skala peta, legenda, simbol peta, dengan pemberian simbol warna mempertegas informasi suatu daerah. 

Fasilitator SIPBM diberikan cara menyajikan informasi berupa data dan peta desa sehingga nantinya menjadi alat penyebarluasan informasi bagi masyarakat secara detail. mereka bisa dengan mudah untuk melihat dan mengamati di wilayahnya apakah ada anak putus sekolah, keluarga yang tidak mempunyai jamban, anak yang disabilitas, ataupun dimana lokasi fasilitas umum dan fasilitar keagamaan. 

Seorang tamu atau orang yang baru masuk ke suatu daerah, saat mereka mengunjungi suatu desa, biasanya yang dilihat adalah peta dan data. Jika di desa memunculkan suatu peta dan data yang akurat dan mudah dibaca maka akan memudahkan pembaca untuk mengetahui kondisi masyarakat disekitarnya. semoga dengan pembelajaran peta dan data bagi para pemerhati desa ini bisa menjadi model untuk mewujudkan masyarakat desa mengenal dan mengetahui akar masalah serta bagaimana solusi alternatif yang dibutuhkan. 

Inspirasi sore di hotel plasa tegal bersama para peserta workshop pemanfaatan data SIPBM dalam perencanaan pendidikan di tingkat Desa. Kamis (14/06/2017)

Posting Komentar