Mengais Rejeki di Bulan Ramadhan

Saat bulan suci ramadhan, ada pemandangan menarik di beberapa perempatan desa lebih-lebih di pusat perkotaan, biasanya tidak dagang, tapi saat bulan ramadhan ibu rumah tangga dengan modal secukupnya, mereka memberanikan jualan saat menjelang buka puasa. Kisaran pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB.  Aneka jajanan, masakan, minuman, kolek dan sejenisnya pun tersedia, para pembeli betul-betul dibuat untuk memilih sesuai dengan selera yang diinginkan.
Masakan siap saji Bang Auky Sitanggal

Seperti contoh sepanjang jalan MT. Haryono Saditan Brebes hampir tiap meter ada orang jualan menu buka puasa dan juga sahur. Mereka secara otomatis siap stand by menjelang waktu ashar hingga magrib. Laku atau tidak laku jualan yang disajikan, tapi baginya adalah rejeki yang nantinya di dapat. Hari ini laris besok sepi, itulah tantangan mereka untuk mencari sesuap nasi bagi keluarganya. Jualan seperti ini tidak bisa dilakukan jika tidak dibulan suci ramadhan. Warga yang tadinya tidak mau jualan, setelah lihat temannya jualan terus laris, ya akhirnya ikutan jualan. 

Sementara itu, di perempatan pasar sitanggal, kecamatan larangan pun hampir sama, warga sengaja naik kendaraan bermotor sebelum waktunya buka puasa, dengan membawa uang puluhan ribu, sudah mendapatkan menu yang diinginkan, mereka tinggal memilih sesuai selera dan kocek uang yang dibawanya. 

Salah satu pedagang bang auky, sengaja berdagang masakan siap saji, tersedia lauk pauk sesuai dengan selera pembeli, ada pepes ikan, pepes tahu, ikan siap saji, aneka masakan tahu dan tempe, termasuk juga aneka kuah dan sambel yang sudah sedemikian rupa dibuat dirumah, beserta istrinya menyajikan menu seperti ini menjelang buka puasa. " Nuansa puasa ramadhan memang sangat berbeda sekali dengan dagang di bulan lainnya, sudah hampir lima tahun berdagang masakan, tapi yang memiliki keistimewaan adalah dagang di bulan ramadhan, semua masakan yang disiapkan, mesti habis dan warga pun tiap bada ashar menyempatkan beli," terang auky salah satu pedagang masakan, minggu (4/6/2017). 
Bulan ramadhan  memang bulan yang penuh berkah, bukan hanya berkah pada ibadahnya, termasuk berkah bagi para penjual masakan dan aneka jualan yang lain, semoga rejeki yang halal ini bisa menjadikan bekal hidup keluarganya dan juga untuk bisa menabung cicilan haji baginya. 

Sebuah catatan sore saat naik sepeda motor melewati jalan MT Haryono Saditan Brebes. Minggu (4/6/2017)


Posting Komentar