Masakan Sejuta Umat " Mie Ayam Pangsit dan Bakso "



Seorang pemudik saat pulang ke kampungnya untuk berlebaran terutama di jalur pantura yang paling gampang dicari adalah menikmati mie ayam dan bakso. Bagi masyarakat jawa membeli mie ayam dan bakso terbilang paling mudah dan murah. Anda dipastikan mudah mencarinya dan mudah juga membelinya, cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu saja anda bisa mendapatkan mie ayam bakso dan es teh. Cita rasanya yang cocok dilidah orang Indonesia dan harganya yang murah, membuat mie ayam begitu populer. Saking gandrungnya dengan cita rasa menu ini, bisa jadi intensitas makan mie ayam bisa sampai 3-6 kali dalam seminggu.
Menu Masakan Sejuta Umat Mie Pangsit dan Bakso

Penulis melihat dan merasakan sendiri saat mudik dari kota bawang ke kota ukir, sepanjang perjalanan jalur pantura bak menjamur aneka gerobag yang menjajakan mie ayam pangsit dan bakso. Ada yang sengaja keliling, ada yang sudah mangkal di tempat yang diakui sebagai hoki bahkan ada penjual yang sengaja memberikan nama dan ciri khusus agar pelanggannya mau mendatangi kembali lewat spanduk di ruko atau warung mie ayam dan bakso tersebut. 

Berbagai macam resep mie ayam spesial yang disajikan ini, seperti mie ayam pansit bandung, mie ayam solo spesial, mie ayam bangka, bahkan ada juga resep mie ayam yang lain yakni resep mie ayam ceker spesial khas Bandung. Meskipun ada banyak resep mie ayam, sebenarnya cara membuat masakan mie ayam ini dapat dibilang sama saja, kalau ada perbedaan hanya terletak pada bahan pelengkapnya saja.

Resep mie ayam yang paling sederhana biasanya terdiri dari mie rebus, masakan ayam khusus, kaldu, dan bahan pelengkap tambahan lainnya, seperti daun caisim, telur ayam puyuh, kerupuk, kerupuk nasi uduk, dan lainnya. Nah tentunya semakin banyak tambahan akan semakin spesial. 

Cara membuat masakan mie ayam sebenarnya cukup mudah, meskipun demikian untuk menjadi mahir tentu melalui beberapa kali percobaan. Nah dengan semakin sering belajar membuat masakan khususnya cara membuat mie ayam tersebut, maka secara otomatis anda akan memperoleh takaran bumbu dan bahan bahan yang pas. Sebab seperti kita tahu masakan enak itu relatif, ada senang asin dan ada juga yang hobi selera pedas, sehingga tentunya berbeda pada setiap orang. Namun demikian secara umum ada satu kesepakatan bahwa rasa enak yang umum adalah perpaduan cita rasa yang pas antara rasa asin, manis, pedas, dan gurih.

Popularitas masakan ini memang tidak diragukan lagi, benar-benar sudah menjadi branding mie ayam sebagai makanan sejuta umat, sehingga wajar apapun perjalanannya, orang kampung dipastikan akan mampir dan menikmati mie ayam atau bakso, walaupun tidak rutin setiap hari dikonsumsi, tapi minimal seminggu mereka akan merasakan sensasi ini. 

Dengan menikmati satu mangkok mie ayam spesial atau bakso, bisa memerangi rasa lapar dan dahaga, ada yang minta sawinya di banyakan, ada juga yang minta saos atau dagingnya ditambahkan, yang penting pembeli merasa hepi. 

Namun seiring usia, diprediksi nantinya menu pavorit ini akan bergeser, kenapa demikian, karena pergeseran umur menjadi pantangan menikmati konsumsi mie ayam dan bakso. Tubuh kita yang sudah berusia lanjut akan merasakan dampak yang jelas terlihat, karena pengaruh banyaknya saos yang ditambahkan, kadang-kadang perut tidak bersahabat, akhirnya diare, belum lagi dengan menu bumbu yang disajikan, yang ada di kasih micin membuat orang yang sudah berusia kadang-kadang terasa pada tenggorokan,, termasuk imbas dari sambalnya  yang pedas akan terasa, belum lagi kandungan dari ayam broiller yang kaya kolesterolnya. 

Saran penulis bagi anda yang penghobi mie ayam pangsit dan bakso, bisnis mie ayam dan bakso jelas menjanjikan, untungnya banyak, dan fakta ekonominya adalah membikin perekonomian masyarakat terangkat, apalagi modalnya cukupan dan bisa dilakukan oleh mereka yang baru mengawali bisnis kecil-kecilan. Namun jika anda sebagai penjual atau yang menjajakan masakan mie ayam dan bakso ini maka sarannya adalah sajikan mie ayam yang sehat dan hygenis, berikan terbaik kepada mereka yang menikmati mie ayam dan bakso dengan bumbu yang baru, dan tidak dari stok yang lama, belilah ayam yang halal dan telah dimasak dengan enak dan gurih, termasuk dalam menyajikan semangkok mie ayam pangsit dan bakso, jangan dekat dengan pinggir jalan, termasuk jualan di tempat yang jijik atau dekat dengan tempat sampah. 

Semoga inspirasi banyaknya gerobag dan warung mie ayam pangsit dan bakso yang menjajakan di kampung tetap menjadi menu masakan anda, dan pilihan andalah yang menjadi pilihan saat anda mudik atau anda sudah berada di kampung, Senin (26/06/2017)
  









Posting Komentar