Bulan Agustus-September di Kabupaten Brebes Ada Imunisasi Measles-Rubella



Menarik dari Kultum Bapak Awaludin, M.Kes di Masjid Setiabudi Kembangbaru, Kelurahan Brebes Kabupaten Brebes, menyampaikan kepada jamaah untuk usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, di Kabupaten Brebes akan dilakukan imunisasi secara masal Measles Rubella (MR). Imunisasi ini untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella, semua anak pada usia tersebut diatas, tetap diberikan imunisasi tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. 

Masyarakat mulai bingung, sebenarnya campak dan rubella berbahayakah ? Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Mereka yang beruntung mendapatkan imunisasi MR ini adalah usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun, dan ini hanya dilakukan selama kampanye imunisasi MR bulan agustus - september 2017. Tempat imunisasi adalah di SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/Sederajat, kalau ada yang berusia 15 tahun bersekolah/sederajat harus juga diberikan imunisasi MR. Sedangkan untuk mereka bayi yang usia 9 bulan s.d. anak usia kurang 7 tahun dilaksanakan di posyandu, puskesmas dan sarana kesehatan lainnya. 

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.
Vaksin MR untuk Anak 9 bulan-kurang dari 15 tahun

Tujuan pemberian imunisasi MMR adalah untuk merangsang terbentuknya imunitas atau kekebalan terhadap penyakit gondong, campak, dan campak jerman. Gondong adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, sakit kepala dan pembengkakan pada kelenjar parotis yang terletak di bagian bawah telinga. 

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, batuk, pilek, mata merah, dan bercak –bercak berwarna merah pada kulit. Campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, batuk, pilek, pembengkakan kelenjar di sekitar leher, dan bercak – bercak berwarna merah pada kulit. Manfaat pemberian imunisasi MMR adalah untuk memberikan perlindungan terhadap ketiga penyakit tersebut pada saat yang bersamaan

Mari sukseskan imunisasi MR ini, agar nasib anak di Indonesia bebas dari bahaya penyakit Measles-Rubella. Inspirasi pagi untuk masyarakat Brebes pada khususnya dan Nasib Anak di Indonesia. Minggu (18/06/2017)

Posting Komentar