Bukber Ramadhan Perekat Silaturokhim

Begitu banyak komunitas, keluarga besar, rekan sejawat, maupun pengurus organisasi di puasa pertengahan hingga menjelang akhir ramadhan mengadakan kegiatan temu silaturokhim sekaligus buka bersama. Lokasi yang di pilih bisa berada di rumah kediaman, di warung makan maupun di tempat instansinya sendiri.

Bukber Ramadhan di Kota Ukir Bersama Tim
Mereka sengaja di woro-woro (diundang) untuk hadir sebelum magrib untuk berdiskusi atau tukar pikiran terkait kinerja atau rencana untuk mengadakan kegiatan setelah lebaran, apakah nanti mau mengadakan halal bi halal atau malahan bukber itu sendiri memberikan rejeki THR untuk karyawan atau pun bisa untuk mempererat koordinasi dan komunikasi atau dalam bentuk lainnya. 

Buka bersama dari sisi agama bisa dimaknai silaturokhim, mereka yang datang dipastikan merasakan bahagia, kenapa demikian, karena kehadiran mereka bisa menjadi obat bagi pemilik hajat, maknailah sebuah pertemuan buka bersama dengan niat silaturokhim, bukan diniati riya atau pamer. 

Banyak alasan yang menjadikan undangan bukber, kemudian tidak dihadiri, alasan pertama yang sering muncul adalah waktu yang dipilih berbenturan dengan aktivitas nya, karena mungkin yang bersangkutan sibuk pribadi, ada acara keluarganya, ataupun karena ada tanggungan memimpin jamaahnya di tempat ibadah. Tetapi bagi yang hadir berarti mereka memang bisa meluangkan waktunya untuk sekedar sharing pekerjaan atau aktivitas yang sudah dikerjakan ataupun rencana aktivitas yang mau dilakukan ke depannya. 

Bukber dalam kacamata komunikasi berarti mengurangi sumbatan masalah yang muncul, karena ada unsur keterbukaan informasi, keteladanan dan juga kerjasama yang baik timnya, mereka bertemu dalam satu tempat dan mau membahas sesuatu informasi yang harus dikerjakan, mereka berunding untuk musyawarah mufakat guna menghasilkan karya ke depannya, termasuk rasa kepedulian untuk berbagi nikmat yang telah diberikan. 

Inspirasi penulis muncul, saat mengikuti bukber ramadhan di kota ukir, bersama teman se profesi untuk meluangkan ide dan gagasan timnya menuju kemitraan yang berkelanjutan. Sabtu (10 Juni 2017).


Posting Komentar