Teguh Pendirian Sebuah Pilihan Hidup


Dalam kehidupan sehari-hari sikap teguh pendirian sangat diperlukan. Tanpa sikap teguh pendirian orang akan terombang ambing mengikuti berbagai godaan dan bujuk rayu yang datang silih berganti. Pendirian seseorang berkembang sesuai dengan tingkat kedewasaannya, dipengaruhi oleh lingkungan pergaulannya, dipengaruhi pula oleh tingkat pendidikannya. Sehingga kadang pendirian seseorang akan berubah sesuai dengan kedewasaannya dalam mencerna keadaan lingkungannya dan pendidikannya, sehingga orang yang teguh pendirian sekalipun dapat berubah pendapatnya tentang sesuatu, hanya saja perubahan itu tidaklah drastis dan tiba-tiba, tetapi berproses secara wajar, dan kearah yang lebih baik.
Memaknai Hidup Sebuah Pilihan, Mau Jadi Penonton atau Penuntun

Teguh artinya tidak berubah. Teguh pendirian artinya keyakinan atau hati yang tetap tidak berubah. Orang yang teguh pendirian adalah orang yang memiliki keyakinan atau pendirian yang tidak berubah walaupun mendapat godaan, ancaman, ataupun rintangan. Dalam istilah agama Islam teguh pendirian disebut istiqomah.

Teguh Pendirian adalah mempertahankan keyakinan sesuai dengan kebenaran yang ada (dalam sesuatu). semisal kita yakin bahwa mencontek itu dilarang maka apapun situasinya, bagaimanapun sulitnya, apabila kita sudah teguh pendirian maka hal tersebut tidak akan kita lakukan. 

Memutuskan sebuah masalah, adalah sebuah pilihan hidup, kadang pilihan kita berdampak negatif kadang juga berdampak positip, ambillah resiko yang sekecil mungkin, namun saat mengambil sebuah resiko yang besar kitapun harus siap dengan imbasnya. seseorang yang teguh pendirian itu bagian dari sebuah pilihan hidup, resiko yang akan ditimpa pun harus diterima apa adanya, tetapi di dalam kita memutuskan suatu pilihan, disitulah kita akan tahu makna yang kita putuskan, kita masih bisa melakukan upaya perbaikan atas sikap yang kita pilih. 

Semua pilihan hidup mesti ada untung dan rugi, tidak mungkin sebuah pilihan hidup akan berbuah manis terus, terkadang pahit. Namun kepaitan yang diambil belum tentu menurut kita itu pahit, malah jadi obat penawar yang cocok,  kadang juga memang menjadi obat yang bisa menjadikan hasrat kita menurun, oleh karena itu pilihan hidup dan cita-cita masa depan ada pada diri kita dalam memutuskan yang terbaik bagi kita. (inspirasiku bada jumat, jumat (12/05))

Posting Komentar