Tanamkan Sikap Optimis Melalui Pohon Harapan


Disaat penulis mengamati kegiatan Pelatihan Konseling Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA ) beberapa tahun yang lalu, setiap peserta diminta oleh fasilitator untuk menuliskan pohon harapan, Pohon itu sengaja di tempelkan di dinding selama pelatihan, mereka setiap menit selalu melihat dan mengamati pohon harapan yang telah ditempelkan, Pohon harapan ini sengaja ditempelkan dan dibiarkan menempel hingga selesai pelatihan.  

Seorang fasilitator hanya menjelaskan kepada peserta untuk mampu dan mau mengisi pohon harapan tersebut, biasanya untuk menulis pohon harapan, disediakan kertas dan bolpoint, mereka disuruh menempelkan harapan selama mengikuti pelatihan ini, dan nanti diakhir pelatihan mereka pun diminta untuk melihat kembali, apakah pohon harapan yang ditulis itu sudah sesuai dengan keinginannya atau belum.
Pohon Harapan Peserta Untuk Motivasi Pembelajaran

Pola yang diajarkan kepada peserta ini jika dimaknai dalam kehidupan ini adalah, semua orang yang hidup pastinya punya keinginan, impian dan juga harapan, dan salah satunya adalah bahagia di masa depan. Melalui impian dan harapan inilah kemudian mereka membangun tujuan hidup mereka, dari mulai bekerja keras, menuntut ilmu melalui pendidikan yang tinggi, mencari pekerjaan dengan penghasilan cukup serta melakoni berbagai jenis usaha dan kegiatan yang di anggap tepat untuk menjembatani impian mereka. 

Memiliki impian adalah keharusan, sebab impian merupakan jalan penentu kemana kita akan melangkah. Ibarat berjalan atau mengendarai kendaraan, maka terlebih dulu kita harus tahu kemana arah tujuan kita. Begitu pula dengan hidup, kita harus memiliki tujuan yang jelas agar semua upaya dan jerih payah kerja keras kita selama ini tidak sia-sia. 

Selain harus memiliki impian, kita harus berani mewujudkan impian tersebut melalui tindakan, kerja keras, berusaha dan gigih serta sabar dalam menghadapi apapun yang menjadi cobaan impian kita. Namun, jika kita hanya bermimpi saja, maka tetap saja impian kita hanya akan sebatas mimpi dan tidak akan benar-benar terjadi. Selain itu, dengan memiliki impian, harapan, tujuan yang jelas, maka hal tersebut bisa menjadi pacuan kita dalam menjalani hidup.

Beberapa mutiara pohon harapan yang perlu anda baca,  Anda Bisa Menunda Untuk Berubah Karena Banyaknya Urusan. Tapi Hidup Tidak Pernah Menunda Urusannya Untuk Menunggu Anda Berubah. Sebuah rencana yang hebat dapat gagal hanya karena kurangnya kesabaran. Tidak mengapa menjadi tua, asal tetap muda dalam semangat. Kadang lebih baik diam daripada menceritakan masalahmu, karena kamu tahu sebagian orang hanya penasaran, bukan karena mereka peduli. Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita tentang arti kesungguhan. Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya. (Ali bin Abi Thalib), Sahabat paling baik dari kebenaran adalah waktu, musuhnya yang paling besar adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati (Caleb CC.)

Semoga inspirasi pagi, dapat menjadi motivasi hidup kita dalam merajut makna untuk berbagi sesama. (Catatan pagi, semangat pagi - Bahrul Ulum)

Posting Komentar