Sulitnya Mengakses Identitas Kendaraan di Hari Libur Lewat Online


Sebuah informasi dari salah satu jurnalis warga, dia memberitahukan bahwa di daerah sitanggal, Kecamatan Larangan, Minggu (28/05) ada kejadian tabrak lagi di jalan provinsi, pelaku melarikan diri, korban mengalami kecelakaan akibat ditabrak, untung ada salah satu saksi yang melihat nomor polisi kendaraan dan mau memberitahukan kepada keluarga korban, Bapak/ibu niki nomor plat motor yang nabrak tadi dengan No Pol G ..RZ, ternyata pihak keluarga korban ingin tahu detail identitas pemilik kendaraan tersebut. 

Muncul Hanya Info Pajak Kendaraan, Identitas Tidak Muncul
Terbesit dalam jiwa penulis ingin mengetahui bagaimana cara melacaknya, akhirnya melakukan pengecekan awal dengan membuka google.co.id dengan cara ketik mencari nomor polisi kendaraan. Nopol yang sudah diinformasikan langsung diketik dan dicheck, keluarlah situs http://dppad.jatengprov.go.id, karena nomor berasal dari Plat G maka langsung diketik G nomor polisi dan huruf akhir polisi, ternyata kedapatan informasi hanya identitas jenis kendaraan, tipe kendaraan, tahun rakitan, tanggal jatuh tempo, pajak kendaraan tersebut, biaya balik nama, biaya jasa raharja dan kendaraan dari mana, namun belum kedapatan siapa pemilik dan alamatnya. 

Penulis merasa penasaran, ingin lebih dalam mencari informasi, lalu mencoba mengakses lewat sms sesuai panduan, eh ternyata jawaban error ( panduan di Wilayah Jawa Tengah,  Anda dapat mengirim sms ke nomor 7070 dengan format JATENG ( spasi ) plat nomor polisi. Contoh JATENG H1000AB).  Ternyata Informasi nopol kendaraan hanya terbatas pada informasi pajak kendaraan, tapi belum tampak informasi lengkap nama identitas pemilik dan kendaraan ini tercantum secara rinci, mungkin ini sudah masuk wewenang pihak samsat atau kepolisian yang bisa mengaksesnya. 

Penulis mencoba menghubungi atau meminta bantuan kepada lembaga berwenang yaitu Samsat dan kepolisian. Karena kejadian ini bertepatan pada hari libur, maka akses pun menjadi terkendala, tidak bisa mendapatkan informasi dengan cepat, dan tepat untuk identitas pemilik kendaraan dengan pasti.  cara berikutnya adalah dengan meminta bantuan kepada pihak kepolisian lewat jalur teman yang bekerja disana, barangkali bisa membantu memperoleh informasi dengan cepat dan tepat. 

Mungkin ini yang harus diperbaiki bagi pihak samsat atau kepolisian terkait data identitas kendaraan agar mencantumkan pemilik kendaraan dan juga identitas lengkap, sehingga saat ada kejadian seperti ini, orang dengan mudah mencari informasi dan juga bisa melaporkan kejadian tersebut dengan cepat ke pihak kepolisian juga samsat. Termasuk saat mendeteksi kehilangan kendaraan bermotor atau mobil, jika pemilik kendaraan melapor, ada mekanisme informasi online atas progress informasi yang dilaporkan, sehingga publik merasa tidak mengalami kesulitan, era teknologi harusnya bisa menjawab masalah seperti ini, namun ternyata masih menyisakan pekerjaan yang belum terjawab, contohnya melacak identitas nopol secara online dihari libur pun kesulitan. 

Inspirasi pagi penulis, semoga bisa menggugah pihak yang berwenang dalam mengambil kebijakan nantinya. Minggu (28/05) 

Posting Komentar