Relawan Membangkitkan Rasa Solidaritas

Relawan Membangkitkan Rasa Solidaritas Bekerja sukarela tidaklah banyak orang yang mau, mereka harus meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan tertentu, dan mereka harus memiliki integritas dan rasa tangggungjawab yang tinggi. 

Seorang relawan adalah orang yang tanpa dibayar menyediakan waktunya untuk mencapai tujuan organisasi, mereka bagaikan seorang profesi yang sangat mulia dimana dia meluangkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan uangnya untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial. 

Relawan Jurnalis Warga Untuk Kerja Sosial Kemanusiaan
Relawan itu pahlawan di masa kini, karena rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan orang banyak. Relawan itu seseorang yang berada dibalik kesuksesan sebuah kegiatan, tanpa relawan sebaik apapun sistem atau kegiatan tidak akan bisa berjalan. memang berkesan hanya mengikuti sistem atau aturan tapi relawan yang hebat akan memperkaya sistemnya menjadi sangat luar biasa dan menjadikan kegiatan tersebut menjadi bagian dari dirinya. 

Menjadi relawan itu perlu niat untuk mengabdi, ada nilai kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Relawan terkadang terbebani oleh pekerjaan utamanya, termasuk juga karena hambatan keluarga. Menjadi relawan di usia muda itu cenderung lebih mudah beraktivitas dibandingkan saat relawan tersebut sudah berkeluarga. Keluarga kadang menjadi penghambat, karena juga menjadi pendukung yang kuat. 

Seorang relawan juga dilatih kesabaran saat melaksanakan pengabdian atas kerja kerasnya, nilai kebersamaan dan keberhasilan bisa diukur dalam kekompakan tim, loyalitas dan juga kerja ikhlasnya. Disaat kerja kerasnya ingin mendapatkan pamrih maka jiwa relawan yang telah terpendam ini sudah sedikit melenceng dari substansi menjadi relawan. 

Semoga kita yang menjadi relawan tetap istiqomah dalam menjalankan kerja sosial yang penuh makna dan manfaat untuk berbagi kepada sesama. (Catatan siang saat wokshop Jurnalis Warga di Aula Kecamatan Paguyangan, Kamis (11/5).)

Posting Komentar