Nikmat Sehat Dambaan Umat

Penulis rasakan sendiri, betapa terasa sakit saat gigi geraham atas dilakukan tindakan oleh dokter gigi, tusukan demi tusukan obat bius ditaruh didekat gigi yang mau dicabut, jess masuklah obat dan suntikannya...langsung terasa cenut kaya digigit semut, beberapa suntikan hingga terasa tebal rasanya di sekeliling gigi yang mau dicabut. Beberapa menit berikutnya mengambil alat untuk cabut gigi, betapa nikmatnya saat proses pencabutan hingga gigi bisa diambil, rasa dag dig dug disertai ngilu yang lumayan.
Ilustrasi Rontgen Gigi di Radiologi 

Ternyata sebuah proses pencabutan gigi, oleh dokter gigi tidak boleh bersamaan, bila ada 2 gigi sakit dan ingin dicabut, saran dokter harus dilakukan pemeriksaan ke radiologi pada gigi kita. Dipastikan bisa bolak balik ke radiologi untuk di scan anatomi giginya. Saat mau dilakukan scan gigi kita harus memegang alat diradiologi sambil dagu ditaruh di alat tersebut, lidah disuruh digigit, kemudian petugas langsung menyalakan mesin scan gigi, dalam waktu 15 menit menunggu pasien dapat hasil pemeriksaan scan tersebut. Selanjutnya hasil pemeriksaan scan tersebut ditunjukkan kepada dokter gigi, lalu dokter gigi langsung melihat hasilnya dan segera melakukan tindakan cabut gigi dengan alat yang canggih.

Betapa nikmatnya jika gigi kita ini sehat dan kuat, terasa nikmat yang luar biasa, ciri gigi sehat antara lain gigi tidak terasa sakit, tidak terdapat radang gusi dan karang gusi, saat mengnunyah gigi tidak nyeri, leher gigi tidak kelihatan, gigi tidak goyang, gigi tidak terdapat plak, warna gigi putih, mahkota gigi utuh, gigi tidak berlubang.

Gigi yang sehat berada dalam kondisi baik seutuhnya, bisa mengunyah dengan baik tanpa ada keluhan sakit pada gigi, gigi kuat tidak rapuh dan tidak goyang, mulut tidak berbau karena adanya lubang pada gigi.

Untuk merawat gigi agar sehat usahakan untuk menyikat gigi tiga kali sehari, itu akan dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang dapat merusak gigi jika tidak dibersihkan, jangan sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas hal ini akan merusak gigi, apa lagi jika sehabis makanan panas langsung meminum yang dingin.

Menjaga makanan yang kita kunyah, biasanya terdapat beberapa makanan yang dapat merusak gigi jika sering dikonsumsi dan tidak membersihkan gigi setelah mengkonsumsinya. makanan tersebut diantaranya makanan asam, makanan yang manis-manis dan makanan yang keraas-keras.

Ternyata nikmat sehat menjadi dambaan bagi setiap makhluk hidup, nikmat sehat sangatlah mahal dan harus kita syukuri, saat kita merasakan sakit, maka pengeluaran pun semakin mahal. berbahagialah bagi kita semua yang diberikan nikmat sehat dan nikmat sempat.

Semoga inspirasi malam ini, diawal ramadhan menjadikan penulis untuk selalu mensyukuri nikmat sehat, walaupun giginya sudah hilang karena bertambahnya usia, namun ini bagian dari cobaan, dan ada hikmahnya. Sabtu (27/05)

Posting Komentar