Memaknai Perhatian dan Perhatikan dalam Kehidupan



Penulis mendapatkan kata-kata ini dari seorang pegiat sosial alumnus salah satu perguruan tinggi di Kota Kembang Bandung, Senin (16/05) saat berdiskusi di salah satu kedai kopi yang cukup terkenal, orang tersebut penulis sebut BS, dia menyebutkan makna yang tersirat dan tersurat, sebuah kata singkat yakni marilah kita perhatian dan perhatikan dalam setiap kita berdiskusi. Akhirnya penulis mencoba untuk merangkaikan kata-kata tersebut ke dalam makna catatan pagi.
Alfiya salah satu mahasiswa di Bandung mau dan mampu
Memberikan makna perhatian dan perhatikan

Kata perhatian itu sifatnya, sedangkan kata perhatikan itu kata kerja. Secara sosial perhatian itu ujung-ujungnya ada perhitungan, sedangkan perhatikan makna aktif untuk melangkah, keseriusan. Perhatikan makna siap, sigap, waspada dan berjaga jika dimakna dalam bahasa religius makna dari taqwa unsurnya harus ada makna berhati-hati. Hidup itu bukan mengeluh dan mengadu tapi dalam hidup harus mengolah. kita harus bertekad sebelum tahu itikad.  

Menurut kamus bahasa indonesia Perhatian merupakan pemusatan psikis, salah satu aspek psikologis yang tertuju pada suatu objek yang datang dari dalam dam luar diri individu. Dengan perhatian dapat digunakan untuk meramalkan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian akan memberikan warna dan corak bahkan arah tingkah laku seseorang. Perhatian adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan maupun proses kognitif lainnya. Proses atensi membantu efisiensi penggunaan sumberdaya mental yang terbatas yang kemudian akan membantu kecepatan reaksi terhadap rangsang tertentu. 

Perhatian adalah sebuah kata-kata yang biasa bila cuman didengarkan, tetapi perhatian akan terasa sangat berharga bila kita sedang sedang mengalami banyak masalah. Dengan suatu perhatian seseorang bisa memberikan suatu suport yang sangat bearti bagi orang yang diperhatikan. Suatu perhatian akan sangat berarti bila diberikan dengan rasa penuh ikhlas dan tidak terpaksa. Terutam perhatian dari keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Dengan begitu hidup kita akan menjadi lebih berwarna  dibandingkan hidup tanpa perhatian.

Bila seseorang sudah mengaku kalau dia tidak membutuhkan perhatian, wah… orang yang bilang begitu bener-bener orang yang mempunya sifat egois. Dia gak bakalan bisa hidup bermasyarakat dimanapun dia berada, karena dia merasa kalau dia adalah orang yang paling sempurna di dunia ini. Sebenarya dalam hati orang yang seperti itu berkata “kenapa aku kok gak bisa seperti dia”. Karena dia takut untuk mengakuinya jadi dia berusaha untuk menutupi rasa sepi yang dialaminya.

Sedangkan makna perhatikan adalah proses melihat atau mendengarkan secara jelas apa yang diterangkan. Perhatikan itu upaya melangkah sesuatu menuju tindakan seseorang. Dalam belajar kita harus selalu memperhatikan apa isi dan pesan guru disaat memberikan ilmu pengetahuan, seseorang pelajar yang sedang belajar harus selalu memperhatikan materi yang disajikan, diapun harus selalu perhatian dengan jiwa raganya, termasuk dengan lingkungannya. Sifat perhatian dalam suatu tindakan akan bisa menjadikan dirinya mendapatkan trust yang muncul, sedangkan ketika kita selalu memperhatikan dan mau menerima masukan dari seseorang dengan baik, maka secara berangsur-angsur kita telah menjadi orang dewasa yang berilmu yang selalu menerima pendapat orang lain dengan baik. 

Semoga inspirasi selasa pagi (16/05/2017) bisa menjadikan penulis mau untuk selalu perhatian pada kondisinya lingkungannya, dan mau memperhatikan internal dan eksternal yang muncul setiap langkahnya. ( catatan pagi bahrul ulum) 

Posting Komentar