Jurnalis Anak Corong Utama Pemenuhan Hak Anak

Brebes - Seorang jurnalis anak dituntut untuk memberikan informasi terbaik bagi anak, sebagai seorang kontributor berita dituntut untuk menulis berita  sesuai kaidah jurnalistik, mereka harus selalui belajar mendapatkan kosa kata baru, termasuk gemar membaca berita dari berbagai media cetak dan online dengan harapan nantinya penulisan para jurnalis ini memiliki bobot dan si pembaca akan mudah memahami isi dari naskah yang ditulis, melalui tulisan anda nasib terbaik anak lebih diperhatikan. Demikian disampaikan Wartawan Mi'raj Islamic News Agency (MINA) Zaenal Muttaqin kepada 18 jurnalis anak di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes, Rabu (31/05). 
18 Jurnalis Anak mendapatkan Pengetahuan Jurnalistik
di Aula DP3KB Brebes - Foto BU (31/05)

Zaenal berpesan kepada para jurnalis, menulislah setiap hari, semakin banyak tulisan anda dipublikasikan, maka akan semakin peka anda mencari isu terbaik bagi anak yang perlu disuarakan, peran jurnalis sebagai penyambung informasi masyarakat menjadi sangat penting. " Jangan mudah menyerah dalam menulis, bila ada kritik dan juga masukan dari editor atau redaktur terhadap tulisan anda, maka awal kesuksesan anda," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas DP3KB Hambali mengatakan, publikasi ke media tentang kondisi anak harus terus dilakukan, supaya suara anak tetap diperhatikan. " Masih ada anak yang tidak sekolah padahal mereka itu masih usia sekolah, masih ada keluarga yang tidak mempunyai jamban padahal didalamnya ada anak, masih ada anak yang tidak mendapatkan ASI ekskslusif, masih ada gizi buruk, tingginya angka kematian ibu dan anak, dan masalah lainnya, kondisi ini harus menjadi koreksi bersama, bagaimana pentingnya peran masyarakat untuk mendukung pencapaian target agar nasib terbaik bagi anak benar-benar terpenuhi," bebernya. 

Hambali berharap, lewat refresh jurnalis anak di website kabupaten layak anak ini nantinya para pemerhati anak bermunculan, respon kebijakan pemerintah pro anak dan adanya kesadaran masyarakat untuk mau peduli terhadap pemenuhan hak anak. ( BU )

Posting Komentar