Jalan Layang di Brebes Alternatif Mengurangi Kemacetan

Brebes (penaulum.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membangun empat flyover di Kabupaten Tegal dan Brebes, tepatnya di Flyover Klonengan dan Kesambi yang berada di Kabupaten Tegal, dan flyover Dermoleng Kecamatan Ketanggungan dan Kretek Kecamatan Paguyangan berada di Kabupaten Brebes.
Kondisi Sekarang Fly over Dukuhturi Ketanggungan Brebes

Jalan Layang (Flyovers), sebuah konsep bangunan yang difungsikan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Flyovers atau Jalan layang adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang untuk menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi, mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan kumuh yang sulit ataupun melalui kawasan rawa-rawa.

Saat ada kunjungan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono pada 24 Maret 2017 menyampaikan, bahwa peninjauan ini dalam rangka pengecekan sejauh mana proses pembangunan flyover (FO) yang direncanakan bisa digunakan pada saat arus mudik Lebaran 2017 nanti. Kapolda juga menjelaskan bahwa dengan target selesainya pembangunan FO ini diharapkan dapat mengurangi dampak kemacetan seperti saat libur lebaran tahun 2016 kemarin. 

Salah satu pengguna jalan Masrukhi Harun, sudah sekian lama dirinya menggunakan jalur ini untuk kegiatan jurnalis warga, dia rutin mengamati dan melihat langsung perkembangan pembangunan jalan layang ini.
Fly Over Ketanggungan, sistem buka tutup - Foto Eko

" Prediksinya, masih ada kemacetan saat menjelang arus mudik lebaran 2017, pasalnya hingga kini beberapa titik jembatan layang yang dibangun prosentase baru kisaran 60 persen, padahal 2 pekan lagi adalah masuk bulan ramadhan," ungkapnya, Sabtu (13/05). 

Masrukhi menjelaskan, kondisi cuaca juga sering hujan, belum lagi masih ada beberapa rumah warga yang terkena dampaknya, masih belum dibongkar, menurutnya saat menjelang mudik masih menyisakan kemacetan diruas jalan menuju jembatan layang ini. namun dia tetap optimis dan memberikan semangat kepada pimpinan proyek serta para pekerja jalan layang ini agar tetap bekerja dengan maksimal, usahakan target tercapai. ( Reportase BU ) 

Posting Komentar