Cobaan dan Ujian Hidup

Hidup itu tidak terlepas dari cobaan dan ujian, dan ini adalah sunnatullah dalam kehidupan. Setiap manusia akan diberikan cobaan termasuk juga ujian, baik dengan perkara yang tidak disukai maupun perkara yang tidak menyenangkan.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan ccobaan adalah sesuatu yang dipakai untuk menguji (ketabahan, iman, dan sebagainya), maknanya adalah sabarlah apabila menerima cobaan dari tuhan, sedangkan ujian adalah percobaan untuk mengetahui mutu sesuatu (ketulenan, kecakapan ketahanan), ini maknanya mereka yang diuji akan mendapatkan kepastian mau naik derajatnya atau malah sebaliknya.
Mereka di uji untuk melatih kesabaran  ( menunggu antrian)

Cobaan tidak mengenal waktu, cobaan atau permasalahan pun bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, sepanjang cobaan kita sikapi dengan memecahkan masalah itu maka akan ada solusi, disitulah ada hikmah atas diberikan cobaan yang diberikan. Besarnya masalah terkandung dari yang bersangkutan, dan dipastikan tuhan akan memberikan obat penawarnya atas masalah yang telah diberikan kepada hambanya, hanya saja hambanya ini mau sabar atau mau menerima cobaan tersebut dengan legowo (pasrah) untuk menemukan masalahnya.

Dalam Alqur'an surat Al Baqoroh (sapi betina) ayat 155 berfirman, Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. pada ayat selanjutnya juga dijelaskan, Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai ujian dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. Begitupula dengan ujian untuk hambanya, dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 286, Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Semoga semua cobaan dan ujian yang diberikan kepada kita ini supaya kita  memahami fitrahnya. Memahami apa yang harus dicari selama hidup. Kita hanya bisa berdoa dan ikhtiar semoga masalah yang diberikan kepada kita ini, bisa teratasi dengan baik dan mau bersyukur agar Hidup dalam tidak terkepung dalam kesedihan. (catatan inspirasi pagi - Bahrul Ulum)

Posting Komentar