Belajar Menjadi Jurnalis Warga Itu Mudah

Belik - Puluhan warga dari dua desa, yakni Sikasur dan Kuta Kecamatan Belik mulai hadir secara bergantian pada acara peningkatan kapasitas jurnalis warga. Mereka saling bertemu dan mengenalkan identitasnya kepada penyelenggara. Dibekali panduan materi, bloknote dan pulpen  peserta tampak antusias terlihat pada raut wajah mereka. 

Penyelenggara memperkenalkan terlebih dahulu maksud dan tujuan diselengarakan acara peningkatan kapasitas (workshop jurnalis warga).
Sutopo Sekcam Belik Memberikan Sambutan di Workshop Jurnalis Warga - Belik (3/5)

" Berbahagialah bagi anda, yang mendapatkan kesempatan untuk ikut workshop ini, pemateri sudah cukup berpengalaman dan nantinya akan menyampaikan materinya, harapan peserta yang hadir nantinya mau dan mampu untuk mencatat, lalu bertanya, dan sekaligus mempraktekkan lewat tulisannya," ungkap masrukhi harun selaku penyelenggara dari perhimpunan pengembangan media nusantara (PPMN), Rabu (4/05).

Pesan singkat yang disampaikan Sekretaris Kecamatan Belik Sutopo kepada para peserta, ini awal bangkitnya informasi warga, lewat peningkatan kapasitas ini warga nantinya mengerti dan mau untuk membubuhkan goresan pena baik yang unik dan menggelitik. " kaidah dan etika menjadi pewarta tetap harus diingat terus, peran warga sangatlah luas, dan goresan pena anda inilah, bertindak lokal berdampak global," pesannya.

Sementara itu, pemateri pewarta warga cbmnews.net Bahrul Ulum, dengan sabar menyampaikan peran penting warga dalam memberikan sumbangsihnya. " Setiap warga adalah pewarta, seorang pewarta harus kritis, mau untuk mencatat bila ada kejadian, menulis catatan tersebut dalam bahasa jurnalistik, dan mempublikasikan ke media lokal atau media yang ada dan menyebarluaskan informasi tersebut," terangnya.

Selain dibekali cara menulis sesuai dengan etika jurnalistik, peserta juga dilatih praktek bedah kasus reportase berita yang sudah di publikasikan. Mereka dilatih membuat email, facebook, twitter, fanpage facebook dan cara mempublikasikan di sebsite online.

Semoga peserta yang ikut ini, nantinya menjadi penerang dan pejuang untuk membangun daerahnya. Catatan Bahrul Ulum

Posting Komentar