Agung Widyantoro Donasi Dua Puluh Jamban Sehat Tuntas

Pesantunan (penaulum.com) - Sebanyak 20 paket Jamban Sehat Tuntas diberikan kepada warga Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.  Mereka yang mendapatkan donasi mengajukan nama sesuai KTP disertai foto rumah. Donasi didapat dari sharing pendanaan antara penerima jamban dengan donatur jamban. Demikian disampaikan oleh Penggagas Jamban Sehat Tuntas Adi Assegaf saat dikonfirmasi pada pertemuan simbolis penyerahan paket di salah satu rumah warga desa pesantunan. Minggu (21/05). 
Agung Widyantoro Berikan Donasi Jamban Sehat Tuntas - Foto BU

Adi menjelaskan, kegiatan semacam ini sudah digagas hampir satu tahun yang lalu, dan mereka yang mendapatkan awalnya paket penuh, namun seiring berjalannya waktu, tim merasakan jika diberikan paket penuh kurang mendidik dan tidak ada unsur pemberdayaan. oleh karena itu pihaknya membuat ide bersama relawan jamban sehat tuntas dengan paket sharing antara pemberi dana dan penerima jamban sehat. 

" Cukup banyak respon masyarakat yang mau mengajukan pola tersebut, pihaknya sedang mengupayakan link donatur yang mau mendonasikan pola sharing ini, sementara ini jika ada dana yang masuk kemudian disampaikan kepada warga desa yang mau memiliki jamban tapi melalui pola sharing," jelasnya. 

Sementara itu, anggota DPR RI Agung Widyantoro mengatakan, kegiatan semacam ini sangatlah baik, dan kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dirintis oleh relawan jamban sehat tuntas ini. " Awalnya keluarga kami rutin untuk mendonasikan jamban sehat tuntas ini, namun yang paling banyak didonasikan berada di Desa Pesantunan ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk warga, biar plung langsung plong," ungkapnya. 

Agung juga akan mengupayakan kembali ke teman se profesi di gedung wakil rakyat untuk menyuarakan dan meminta sebagaian dana mereka untuk kepentingan kegiatan semacam ini. " Sangatlah berat jika beban cakupan jamban di tingkat Kabupaten diselesaikan hanya dengan dana Pemerintah Kabupaten Brebes, namun harus ada partisipasi dari masyarakat secara luas," imbuhnya. 

Tercatat menurut data Dinas Kesehatan Brebes hingga bulan Mei 2017, masih banyak warga di Kabupaten Brebes yang belum memiliki Jamban Sehat yakni 181.469 Kepala Keluarga jika diprosentase 31,65 persen. ( BU ) 

Posting Komentar